DUIT PILKADA

Seorang yang sebetulnya saya juga baru kenal menghampiri saya dan minta didukung oleh Partai GERINDRA untuk menjadi peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada — calon gubernur, walikota, bupati dan wakilnya sebagai cadangan).

Saya bertanya kepadanya. 1. Saya tidak kenal sama bapak, lalu bapak minta saya dukung sebagai calon bupati? Are you sure? 2. Bisa kah saya ditransfer Rp. 500 juta dari bapak hari ini juga? Kenapa? Karena bapak mengaku punya uang Rp. 10 miliar.

Kedua permintaan saya itu tak dapat dia penuhi satu pun. Saya bersyukur karena dia tidak sanggupi.

Saudara…

Gubernur Gorontalo mengelola APBD sekitar Rp. 2 triliun setiap tahun, atau sekitar Rp. 10 triliun dalam 5 tahun. (Rp. 1 triliun setara dengan Rp. 1 juta-juta). Jadi Gubernur Gorontalo adalah pengelola sekitar Rp. 10 juta-juta. Anggaran sebesar ini tak merupakan wewenang anggota dewan.

Bupati Gorontalo (Kabgor) menangani Rp. 1,6 triliun per tahun atau kira² Rp. 8 juta-juta dalam 5 tahun. Walikota Gorontalo menandatangani sekitar Rp. 7 juta-juta tiap 5 tahun. Bupati lainnya (Gorut, Bonbol, Boalemo, Pohuwato) mengelola masing² sekitar Rp. 5 juta-juta tiap 5 tahun.

Apa artinya ini? Artinya sebagai orang Bonbol, saya akan ke TPS untuk memilih Gubernur Gorontalo yang akan bertanggungjawab terhadap aliran dana 10 juta-juta sekaligus saya memilih Bupati Bone Bolango yang akan mengelola sekitar Rp. 5 juta-juta. Secara akumulatif saya akan memilih calon kepala daerah yang akan mempertanggungjawabkan Rp. 10 juta² + Rp 5 juta².

Jumlah KK se Bone Bolango kira² 55.000 KK. Itu termasuk KK saya. Ketika saya memilih calon bupati berarti saya — yang mewakili KK saya — memilih orang yang menangani Rp. 5 juta² untuk 55.000 KK, atau sekitar Rp. 91 juta rupiah per KK–termasuk KK saya.

Ketika saya memilih Gubernur Gorontalo, berarti saya adalah 1 dari 300.000 KK di provinsi ini. Gubernur Gorontalo menangani Rp. 10 T / 300.000 = Rp. 18 juta setiap KK–termasuk KK saya.

Secara akumulatif suara dari KK saya adalah Rp. 91 + Rp. 18 = Rp. 109 juta.

Itulah HARGA yang harus dibayar oleh calon kepala daerah untuk mendapkan coblosan saya apabila suara saya itu dijual.🙂

Start typing and press Enter to search