Orang Gorontalo Ahli Bahasa

Sastra telah menjadi bagian integral dari hidup saya sejak masa kecil. Dalam budaya Gorontalo, kami memiliki pandangan khusus tentang sastra. Saya yakin bahwa secara naluriah, orang Gorontalo adalah sastrawan sejati. Kita memiliki pemahaman mendalam tentang sejarah dan kepekaan yang tinggi terhadap bahasa.

Namun, saya juga menyadari bahwa jika kemampuan tersebut tidak terus diasah dan dijaga, maka akan perlahan-lahan memudar seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, sebagai seorang anggota Komisi X DPR-RI yang membidangi masalah ini, saya merasa penting untuk memberikan perhatian khusus kepada sastra di Gorontalo.

Ketika berinteraksi dengan masyarakat Gorontalo, saya menemukan bahwa minat terhadap sastra tidak sebesar yang saya harapkan. Tren penurunan minat generasi muda terhadap sastra juga terlihat di daerah-daerah lain. Meskipun sastra lisan masih populer di kalangan masyarakat Gorontalo, penulisan puisi dan prosa belum mendapatkan perhatian yang sebanding.

Melihat kondisi ini, saya dan pihak terkait berkomitmen untuk mendorong dan menstimulasi minat generasi muda dalam menulis dalam bahasa daerah. Kami percaya bahwa meningkatkan literasi sastra melalui pelatihan dan kegiatan yang menginspirasi generasi muda untuk membaca dan menulis adalah langkah yang penting.

Kami mengajak generasi muda untuk merasakan kekayaan sastra Gorontalo dan melestarikannya. Sastra adalah cermin budaya dan identitas kita sebagai masyarakat Gorontalo. Melalui berbagai upaya kolaboratif dengan pemerintah daerah dan stakeholder terkait, kami berharap dapat membangkitkan semangat sastra di Gorontalo.

Sebagai langkah nyata dalam menghidupkan sastra, kami juga telah merencanakan berbagai kegiatan, termasuk festival dan acara sastra. Kami berharap acara-acara ini akan menjadi panggung bagi penulis muda dan tokoh sastra lokal untuk menunjukkan karya-karya mereka dan memperkaya panorama sastra Gorontalo.

Saya percaya bahwa dengan dukungan pemerintah dan kesadaran akan pentingnya melestarikan sastra, kekayaan sastra Gorontalo dapat terus hidup dan berkembang. Sastra tidak hanya merupakan hiburan, tetapi juga merupakan warisan budaya yang tak ternilai bagi bangsa kita.

Melalui sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan para sastrawan, kita dapat menjaga keaslian sastra Gorontalo dan mewariskannya kepada generasi mendatang. Bersama-sama, mari kita lanjutkan perjuangan melawan kepunahan sastra dan menjaga keberlanjutan kekayaan budaya.

Start typing and press Enter to search