LEGENDARY SARUNG

1984, sy kelas 4 SD. Adik sy, Katon, kelas 3. Mama membelikan dua buah sarung baru menghadapi Ramadhan. Satu warna kuning, satu lagi warna biru, dengan motif yg sama, ada benang warna emasnya gitu.

Bagiku, sarung biru itu lebih adem daripada kuning yg rasa2nya silau. Kulihat Katon sudah memegang2 sarung biru. Wah, kalau begitu aku kebagian yg kuning, pikirku.

Apa akal? Mendadak kuberteriak, “Yang kuning pooli ana punya. Jang ngana kore2❗” Aku tahu, Katon pasti berkata “tidak” dan mengira bahwa kuning lebih baik dari biru.

Benar saja. “Yih, ana punya yg kuning, ente yg biru,” cetusnya sambil buru2 mengambil sarung kuning dan memegang erat di dadanya. Dia siap berkelahi denganku (seperti biasa😃) demi mempertahankan pilihan sarungnya.

Aku pura2 ngotot. “Kan ana yg duluan bapilih…”. Dia juga ngotot. Akhirnya mama bilang, yang lebih tua mengalahlah. Yah, seperti biasa….😃

Akhirnya aku “mengalah” karena sudah sesuai rencana. Dia happy, mama happy, aku apalagi…happy dapat sarung biru dan puas mengakalinya. 😃😃

****

Saya agak kaget sarung biru ini masih ada di tumpukan beberapa sarung yg terlipat di lemari. Subuh tadi sy dengan sedikit menghalau kantuk, asal2an ambil sarung, maka keluarlah sarung ini.

Kantuk hilang. Sy tertegun. Ini sarung pemberian mama, duluuu banget, setelah beliau menabung setahun untuk persiapan puasa.

Aku pikir sarung ini telah hilang seperti benda2ku lainnya karena seringnya aku berpindah tempat kediaman dan sarung ini selalu kubawa serta.

Empat kali pindah tempat selama di Jakarta (1990-1993). Di Bandung (1993-1998), puluhan tempat jadi kediaman termasuk sekretariat beberapa organisasi dan kontrakan kawan dimana aku menumpang (karena tak punya duit bayar kos2an).

Di Bogor (1998-1999) aku sempat tinggal di dua rumah. Lalu ke Jakarta lagi, lalu pulang ke Gorontalo dan tinggal di sekretariat HMI Cabang Gorontalo — yang banyak orang bergantian tinggal di situ dan hampir semua barang (pakaian dll) adalah “milik bersama” 😀.

Sungguh sy tidak menyangka, dalam tempo 36 tahun, sarung ini masih ada di sini. Dan masih bisa dipakai. Mungkin di antara semua barang2 sy, hanya sarung ini yg bisa bertahan 36 tahun….maybe more….🙂♥️.

Doa utk mama….♥️. Alfaatihah…♥️♥️

Start typing and press Enter to search