CURAÇAO

Inilah pentingnya olahraga. Sebuah negara yang kita tidak kenal sama sekali, rupanya bisa menjebol gawang Indonesia. Untung kita menang.

Tertulis seperti di judul. Kita membacanya “kurakao”. Padahal mereka sendiri menyebut negaranya “koorsou”. Sebuah negara yang berpenduduk 200 ribu, tidak lebih banyak dari Kota Gorontalo. Luar biasa negara yang baru berumur 12 tahun itu menjebol gawang kita yang berpenduduk hampir 280 juta dan berumur 77 tahun.

Curaçao terbentuk tanggal 10/10/10, merupakan negara bentukan Belanda setelah lama jadi “provinsi”nya. Belanda membuat negara ini setelah membubarkan negara (tepatnya provinsi) yang kita kenal sebagai Kepulauan Antilles Belanda, di sebelah utara wilayah bumi Amerika Selatan.

Setiap kepala keluarga di Curaçao berpenghasilan rata² sekitar Rp. 300 juta per tahun (Catatan : Tidak diketahui tentang data pemerataan pendapatan).

Indonesia sebetulnya dahsyat ketika bisa mengalahkan mereka dalam sepakbola. Selain negara itu berpenduduk kaya, juga wilayahnya masih termasuk Amerika Latin yang sangat jago sepakbola (Argentina, Brasil, Uruguay, Paraguay, dll). Hebat sekali timnas kita bisa menang lawan Curaçao. Saya begitu bangga. 🇮🇩🙂🇮🇩

Ada satu kesamaan kita dengan mereka: sama² pernah dijajah Belanda. Penjajahnya sama, tapi nasib keduanya beda.

==

Yang mengoreksi tulisan di atas supaya lebih benar dan/atau lebih indah, saya kasih hadiah. 🙂👍

Start typing and press Enter to search